Rabu 13 Desember 2017
  • :
  • :

Novanto Tunjuk Otto Hasibuan

Novanto Tunjuk Otto Hasibuan

Medan, SumutOnline – Ketua DPR, Setya Novanto menunjuk pengacara kondang Otto Hasibuan untuk menjadi kuasa hukumnya. Otto bakal menjadi tim penasihat hukum bersama Fredrich Yunadi.

Novanto saat ini mendekam di sel Rumah Tahanan (Rutan) Gedung KPK atas kasus dugaan korupsi proyek e-KTP.

“Kebetulan beberapa hari yang lalu saya diminta untuk membantu beliau menuntaskan kasus ini dan tentunya sebagai lawyer tentunya saya harus bertemu dengan pak Novanto nya,” kata Otto di Jakarta, kemarin.

Dalam menjalankan tugas barunya ini, Otto menyebut akan menjunjung proses penegakan hukum. Pembelaannya kepada Novanto hanya berdasar norma hukum yang berlaku.

Untuk itu, Otto mengklaim sudah bersepakat untuk tidak akan memenuhi permintaan Novanto jika dinilai tidak sesuai dengan aturan.

“Kami berdiskusi (dengan Novanto) panjang lebar. Sebagai seorang advokat kami harus punya kesepakatan dalam syarat-syarat melakukan kerja harus seperti apa. Sepanjang keinginannya masih bisa kita kerjakan sesuai dengan hukum yang berlaku. Kalau tidak, ya tidak kita jalankan,” ungkapnya.

Namun, Otto mengaku belum mendapat informasi lengkap mengenai kasus e-KTP yang menjerat Novanto. Pertemuannya dengan Novanto kali ini belum masuk pada substansi perkara. Untuk itu, Otto mengaku belum dapat membeberkan langkah-langkah hukum yang akan dilakukan tim kuasa hukum.

Apalagi, Otto mengklaim, kondisi kesehatan Novanto belum fit untuk berdiskusi soal perkara. Yang pasti, Otto mengatakan, pihaknya akan mempersiapkan pembelaan terhadap Novanto yang diprediksi akan segera menjalani proses persidangan setelah ditahan KPK.

“Tentu kan kita sebagai kuasa hukum kan memprediksi, bahwa pasti ditahan akan dibawa ke pengadilan. Untuk itu sebagai tim hukum kami akan mempersiapkan langkah-langkah hukum yang tepat sesuai dengan hukum tersebut. Ini kan sudah tidak mungkin lagi mundur,” tandasnya. (inc)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *