Rabu 13 Desember 2017
  • :
  • :

Indonesia Terbesar Dalam Penggunaan Internet

Indonesia Terbesar Dalam Penggunaan Internet

Medan, SumutOnline – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menGGELAR Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik (SAIK) Tahun 2017 selama tiga hari 21-23 November 2017 di Palembang, Sumatra Selatan. Acara pembukaan secara resmi SAIK 2017 dilaksanakan di Hotel Novotel, Palembang, Rabu (22/11).

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Asman Abnur mengatakan bahwa Indonesia merupakan negara dengan pertumbuhan pengguna internet terbesar di dunia yang pada tahun 2017 sebesar 132,7 juta atau sekitar 51 persen dari jumlah penduduk yakni 262 juta jiwa.

Dalam pengelolaan informasi publik, menurut Asman seperti dilansir dari Setkab.go.id, humas pemerintah harus kreatif agar masyarakat menyukai karena era sekarang ini sudah masuk dunia digital.

“Humas Pemerintah tidak bisa lagi terpaku dalam budaya manual, tetapi harus bertransformasi ke budaya digital sehingga butuh inovasi dan kreativitas. ASN harus mengedepankan profesionalisme dan pengetahuan,” tambah Asman.

Pendekatan two way traffic komunikasi humas pemerintah, lanjut Asman, sehingga memudahkan untuk penyebaran informasi yang menggunakan berbagai perangkat teknologi saat ini.

“Sebagaimana arahan Presiden bahwa humas pemerintah harus mampu tampil di depan dalam melakukan agenda setting di tengah derasnya arus informasi saat ini,” ujarnya.

Menurut Asman, terdapat peningkatan signifikan dalam penguatan reformasi birokrasi dari ASN untuk pusat, provinsi dan daerah. Untuk itu, ke depan yang diukur adalah outcome atau apa yang dihasilkan oleh ASN.

“Perbaikan ASN mulai dilakukan dengan proses rekrutmen PNS di pusat dan 1 provinsi. Nilai yang diperoleh saat tes CPNS langsung dibuka saat hari tersebut,” tambahnya.

Dengan penyelenggara negara yang baik, lanjut Asman, akan menjadi perbaikan dalam proses pengembangan kapasitas ASN yang baik.

“Mari kita ubah cara kerja ASN. Mudah-mudahan dengan demikian negara Indonesia akan menjadi lebih baik ke depan,” pungkas MenPANRB seraya membuka secara resmi agenda SAIK Tahun 2017 dengan tema Mewujudkan Masyarakat Informasi di Era Digital. (ss)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *