Kamis 26 April 2018
  • :
  • :

Majukan Wisata, Kabupaten/Kota Harus Gelar Event Wisata

Majukan Wisata, Kabupaten/Kota Harus Gelar Event Wisata

Medan, SumutOnline – Kunci keberhasilan pengembangan pariwisata adalah dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan wisata. Untuk itu kabupaten/kota didorong agar menggelar kegiatan wisata dan budaya agar menarik kunjungan wisatawan datang ke Sumatera Utara.

Gubernur Sumut, HT Erry Nuradi mengatakan, pihaknya terus mendorong pemkab/pemko agar terus meningkatkan kualitas event yang ada di daerah masing-masing agar layak dikunjungi oleh wisatawan.

“Pemprovsu sudah membuat program yaitu memberikan stimulus kepada pemkab/pemko agar event berjalan dengan baik,” jelasnya, kepada wartawan di Medan, Kamis (23/11/2017).

Erry juga mengungkapkan bahwa pihaknya juga telah menciptakan event-event  pariwisata diantaranya, Pesta Budaya Pantai Timur yang digelar tahun 2017 ini.

“Jika selama ini hanya event festival Danau Toba yang dikenal, mulai tahun ini kita sudah melaksanakan berbagai event diantaranya pesta budaya Pantai Timur, dan tahun depan akan ada pesta budaya Pantai Barat, pesta budaya Ya’ahowu di Nias, juga tak lupa penataan di Museum Negeri Sumut agar menjadi destinasi wisata sejarah yang baik,” cetusnya.

Lebih lanjut Gubsu menjelaskan, pariwisata bila terus dikembangkan bisa mendorong pertumbuhan perekonomian, menciptakan lapangan kerja serta menghapuskan kemiskinan di sekitar daerah tujuan wisata.

Menurut Gubsu, multiplier efek sektor pariwisata  berpeluang memberikan kontribusi meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Apalagi dewasa ini perkembangan perjalanan wisatawan mengalami  peningkatan.

“Hal inilah yang ingin kita capai agar semakin banyak wisatawan asing dan domestik berkunjung ke Sumut,” tuturnya.

Disamping itu, lanjut Gubsu, perhatian Pemerintah Pusat kepada Sumut dalam hal pembangunan pariwisata patut disyukuri, antara lain dibentuknya Otoritas Danau Toba. Mulai dari pembangunan infrastruktur, peningkatan status bandara Silangit menjadi Bandara International dan lainnya.

Selain itu, masih kata Gubsu, target satu juta wisatawan ke Sumut tahun 2019 merupakan tantangan bagi kita bersama, karena hal itu dapat dicapai apabila stakeholder pariwisata dapat bekerja seirama dan bersinergi. (ki)




KOMENTAR