Kamis 26 April 2018
  • :
  • :

Isu Pengaturan Skor Guncang Sepak Bola Thailand

Isu Pengaturan Skor Guncang Sepak Bola Thailand

Medan, SumutOnline – Sepak bola Thailand tengah diguncang isu pengaturan skor. Sebanyak 12 orang diselidiki kepolisian terkait kasus ini, termasuk pemain, wasit dan direktur klub. Informasi ini disampaikan oleh salah satu petinggi Asosiasi Sepakbola Thailand (FAT).

Orang-orang tersebut ditangkap kemudian dibebaskan dengan jaminan setelah penyelidikan selama satu tahun. Setidaknya ada empat pertandingan Liga Thailand yang ditengarai dicemari praktik pengaturan skor.

FAT merilis hasil penyelidikan setelah Liga Thailand selesai. Empat pemain dari Siam Navy FC, termasuk kapten, penyerang, dan kiper sedang diselidiki. Juga pemain dari klub yang dibela pemain naturalisasi Indonesia, Victor Igbonefo, yaitu Nakhon Ratchasima FC.

Pihak berwenang mengendus adanya pengaturan skor setelah adanya beberapa gol di menit akhir yang melibatkan tim Nakhon Ratchasima FC. Kedua tim tersebut menyelesaikan kompetisi di papan bawah klasemen Liga Thailand, namun tidak terdegradasi.

Seorang wasit, hakim garis, direktur juga dianggap berperan mengatur terdegradasinya Sisaket FC. Mereka dituding melakukan pengaturan pertandingan dengan didalangi empat ‘investor’ Thailand yang memiliki hubungan di luar negeri.

Bayaran yang didapat oleh pemain atau pejabat yang terlibat dalam pengaturan skor itu berkisar US$ 27.000 (sekitar Rp365 juta).

“Ini adalah kasus bersejarah. Kami percaya bahwa kelompok ini masih ada dan cukup besar, karena sudah beroperasi sejak lama,” ujar Kepala Polisi Royal Thai, Chakthip Chainjinda.

Sepak bola Thailand pernah terkenal dengan pengaturan skor yang terkait dengan perjudian antara pemilik klub besar dan sindikat judi luar negeri. Namun beberapa tahun terakhir liga mereka sudah berjalan lebih profesional. (bsc)




KOMENTAR