Kamis 26 April 2018
  • :
  • :

Wagubsu Resmikan Nande Durian

Wagubsu Resmikan Nande Durian

Medan, SumutOnline – Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagubsu) Brigjen TNI (Purn) Dr Hj Nurhajizah Marpaung meresmikan gerai kuliner ciri khas Medan, ‘Nande Durian’, yang menjadi wisata kuliner di Kota Medan setelah Ucok Durian di Jalan Gajah Mada Medan, Sabtu (2/12/2017).

Grand Opening Nande Durian ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wagubsu didampingi Wakil Walikota Medan Ir Akhyar Nasution, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), dari Fraksi PDI Perjuangan, Drs Baskami Ginting, Eddi Rangkuti, mantan Anggota legislatif Layari Sinukaban, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat Karo.

Pada kesempatan tersebut, Nurhajizah mengapresiasi inisiatif para ibu-ibu yang membuka salah satu usaha Nande Durian yang bisa membantu pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran di Sumut khususnya di Medan.

“Saya sangat terkesan dengan ibu-ibu punya inovatif sangat bagus dalam mengembangkan usaha durian yang bisa mengangkat nama Kota Medan sebagai Ibukota Sumut melalui wisata kuliner,” ujarnya.

Karena, lanjut Nurhajizah, buah durian tidak hanya enak dimakan langsung, tapi juga dapat digunakan untuk berbagai jenis tasa makanan lainnya, seperti dodol, kolak. Diharapkan usaha nande durian ini sukses. Jangan hanya ucok durian yang dikenal tapi juga nande durian harus bisa menerobos pasaran ekspor.

Wagubsu berharap usaha Nande Durian ini dapat dikelola dengan baik, karena usaha ini menanpung tenaga kerja terutama bagi tenaga usia prodiktif agar terhindar dari narkoba, karena saat ini sekitar 60-90 persen yang jadi narapidana adalah anak-anak usia produkatif yang dapat menjadikan Sumut terpuruk.

“Salah satu upaya menyelematkan mereka, membuka lapangan kerja seperti dilakukan para Nd Ribka Cs. Mudah-mudahan kedepannya Sumut bangkit lagi dengan cara-cara membuka usaha yang bisa mendorong masyarakat tidak lagi ramai-ramai menanam sawit, tapi mempertahankan kebun durian juga menjanjikan,” terangnya.

Hal senada juga dikatakan Wakil Walikota Medan Akhyar Nasution yang juga mengapresiasi usaha Nande Durian yang dilakukan kumpulan ibu-ibu, karena dengan bertambah Outlet durian sebagai salah satu ciri khas Kota Medan, disaat Pemerintah Kota  Medan berusaha mengembangkan wisata kuliner Kota Medan, salah satunya adalah durian.

Disebutkannya, Nande Durian akan semakin menambah trend khasanah wisata kuliner Kota Medan. Apalagi sejak 1 Nopember 2017, ada perkembangan usaha durian yang menjanjikan dengan pemasaran ke Tiongkok.

“Dengan perkembangan usaha durian itu, maka masyarakat yang terlanjur menebas pohon durian digantikan dengan sawit akan menyesal. Durian ini salah satu wisata kuliner memiliki potensi besar yang besar dan menjanjikan, karena semua orang baik itu anak-anak, orang tua menyukai durian,” tambah Akhyar.

Sebelumnya, pemilik usaha bersama Nande Durian Nd. Ribka br Bukit (istri anggota DPRD Sumut Drs Baskami Ginting,red) didampingi rekan usahanya mengatakan, pihaknya membuka usaha durian yang diawali dari sering kumpul, sehingga ada inspirasi membuka usaha dan disepekati membuka usaha durian.

“Nande Durian ini sebagai awal usaha yang membutuhkan dukungan dari semua pihak, karena kami bukan berlatarbelakang pengusaha atau pebisnis tapi ibu rumah tangga memberanikan diri terjun ke dunia usaha kecil-kecilan,” ujar istri anggota DPRD Sumut Drs Baskami Ginting seraya menyebutkan Nande Durian menyiapkan pesanan tidak hanya di dalam Kota Medan tapi juga ke luar Kota Medan, karena durian nerupakan salah satu ikon oleh-oleh khas Medan. (ss)




KOMENTAR