Selasa 12 Desember 2017
  • :
  • :

Ternyata Susu Menurunkan Kegemukan

Ternyata Susu Menurunkan Kegemukan

Medan, SumutOnline – Selama ini, susu selalu erat dengan kandungan kalsiumnya yang baik untuk mengisi kepadatan tulang pada orang dewasa. Di samping itu, masih banyak juga anggapan yang menilai susu mengandung lemak, sehingga bisa membuat gemuk bila diminum.

Tetapi, tahukah Anda bahwa susu memiliki kandungan unik yang justru dapat menurunkan risiko Anda menjadi kegemukan?

Ahli gizi Dr Marudut BSc MPS menjelaskan, dalam sebuah penelitian kohort atau berkelanjutan yang dipublikasikan pada 2016, dengan melibatkan 46 ribu lebih partisipan, menunjukkan bahwa konsumsi susu yang lebih besar dari 2-4 porsi, memiliki risiko 38 persen lebih rendah menjadi overweight, atau obesitas, dibandingkan asupan susu yang lebih kecil.

“Penelitian antara yang dilakukan selama tahun 2006-2015 mengatakan, asupan susu lebih dari tiga sajian per hari dapat menurunkan obesitas hingga 13 persen, dibandingkan asupan susu satu sampai kurang dari tiga sajian per hari,” tambahnya, kemarin.

Selain diabetes, lanjut Marudut, susu juga bisa mencegah penyakit tidak menular seperti penyakit kardiovaskular. Dalam sebuah penelitian yang melibatkan lebih dari 5.000 orang dan diterbitkan pada 2012, menunjukkan bahwa peningkatan lima persen energi dari asam lemak jenuh susu bisa menurunkan 38 persen risiko penyakit kardiovaskular.

“Karena itulah, keunikan dan kekompleksan asam lemak dalam susu yang berbeda dengan pangan lainnya,” imbuhnya. (vnc)

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *