Kamis 19 April 2018
  • :
  • :

Stok Beras Aman, Import Beras Harus Ditinjau Ulang

Stok Beras Aman, Import Beras Harus Ditinjau Ulang

Binjai, SumutOnline – Sejumlah wilayah penghasil beras di Indonesia menjadi gerah dengan rencana pemerintah mengimport beras yang katanya bertujuan untuk menekan harga jual di pasar.

Di Binjai, stok beras dijamin aman dan harga jual juga tidak mengalami kenaikan sehingga rencana import beras Pemerintah harus di tinjau ulang karena akan berdampak kepada petani.

“Inilah salah satu lahan pertanian beras yang ada di Kelurahan Jati Utomo, Kecamatan Binjai Utara, Kota Binjai. Dikawasan ini terdapat sekitar 800 hektar lebih lahan persawahan milik warga yang diawasi langsung oleh Pemerintah Kota Binjai,” kata Kepala Dinas Pertanian Kota Binjai, Dewi Anggraini,” kepad wartawan baru-baru ini.

Dijelaskan Dewi, di setiap lahan pertanian yang ada di kawasan ini bisa menghasilkan gabah 6 hingga 7 ton per hektar dan bisa dipastikan stok beras aman hingga beberapa bulan kedepan. Selain diperoleh dari petani di Kota Binjai, beras juga didatangkan dari Kabupaten Langkat dan Deli Serdang.

Untuk kenaikan harga, menurut Dewi, Kota Binjai tidak terlalu berdampak dengan kenaikan harga ini karena sesuai dengan kenaikan harga gabah petani dari Rp4.200  per kilogramnya menjadi Rp4.800 per kilogramnya.

“Untuk harga beras juga hanya mengalami kenaikan harga Rp1000 per kilogram. Dan di Binjai sendiri ada sekitar 1.758 hektar yang tersebar di 5 kecamatan dan sebagian areal tersebut merupakan persawahan tadah hujan dan sebagian lagi merupakan lahan irigasi,” tandasnya. (ed)




KOMENTAR