Selasa 21 November 2017
  • :
  • :

Ini 12 Tips Gunakan Facebook

Ini 12 Tips Gunakan Facebook

Medan, SumutOnline – Hampir setiap orang di dunia memiliki akun Faceook. Namun, tak banyak dari mereka yang tahu apa saja tips dan trik dalam menggunakan Facebook.

Berikut 12 rahasia penggunaan Facebook yang harus diketahui oleh para penggunanya, dilansir dari laman The Guardian.

1. Menjadi master dalam jalan pintas
Ingin membuat pesan dan update Anda lebih hidup? Facebook secara otomatis mengubah kombinasi karakter tertentu menjadi emoticon grafis. Misalnya, jika Anda memasukkan “:D” akan muncul wajah tertawa, sementara “<3” akan muncul lambang hati. Anda dapat melihat emojicodes.com untuk daftar lengkap.

Pengguna laptop juga dapat menggunakan cara pintas keyboard untuk bernavigasi dengan cepat. Pada Chrome untuk Windows misalnya, menekan alt+2 akan membawa Anda langsung ke Timeline, sedangkan alt+3 akan membuka daftar teman Anda. Kombinasi tombol  bervariasi tergantung pada browser yang digunakan.

2. Membuat blogspot dengan gaya notes
Update status hal yang bagus, tapi itu tidak permanen. Jika Anda ingin mengunggah sesuatu yang permanen, buatlah note. Note akan permanen dan akan selamanya terlihat di bawah profil Anda.

Untuk melakukan ini, Anda harus menggunakan browser yang ada di desktop. Anda akan menemukan “notes” di bawah “more” pada halaman profil Anda.

Klik “add note” untuk membuat postingan sebanyak yang Anda inginkan dan memutuskan untuk memilih siapa saja yang dapat melihatnya. Untuk melihat notes pada aplikasi selular, cukup buka profil pengguna dan ketuk “about.”

3. Menyimpan postingan yang menarik
Apa yang dibagikan di Facebook cenderung dapat terlewatkan. Jika Anda melihat sesuatu yang Anda ingin lihat kembali, Anda dapat dengan mudah menyimpannya untuk referensi di kemudian hari.

Cukup tekan ellipsis di kanan atas untuk postingan apapun dan pilih “save” dari pop-up menu. Untuk melihat kembali item yang disimpan, tekan menu icon di kanan atas layar dan pilih “saved” dari daftar link yang muncul. Pada tampilan browser, klik “saved” link di sebelah kiri news feed Anda.

4. Membuat “daftar pertemanan” untuk menjaga privasi
Tidak ingin berbagi segala hal dengan keluarga dan teman kerja? Dengan “daftar pertemanan,”
Anda bisa dengan mudah mengunggah postingan yang hanya dapat dilihat oleh orang-orang tertentu.

Anda dapat dengan mudah membuat berapa pun daftar yang Anda sukai, namun Anda harus menggunakan browser desktop untuk melakukannya.

Tautan daftar pertemanan ada di sebelah kiri news feed. Setelah Anda selesai membuat daftar, Anda dapat mengklik “privacy” sambil membuat postingan baru yang memungkinkan Anda menentukan siapa saja yang dapat melihat postingan tersebut.

5. Meninjau (dan sensor) riwayat aktivitas Anda
Facebook mengingat apa pun yang Anda lakukan — menyeramkan, bukan? Namun, hal ini berarti Anda dapat melihat kembali apa yang dulu Anda lakukan dengan menekan “settings” di pojok kanan atas aplikasi dan membuka “Activity Log”.

Anda dapat melihat kembali postingan lama atau acara yang pernah Anda kunjungi, serta postingan orang lain yang Anda ada didalamnya.

Jika ada sesuatu yang tidak ingin diingat, ketuk dan Anda akan melihat pilihan untuk menghapus atau menyembunyikannya dari timeline Anda.

6. Menunjuk seseorang untuk mengelola akun setelah Anda meninggal
Apa yang akan terjadi dengan akun Facebook Anda setelah Anda meninggal? Menunjuk “kontak waris” yang terpercaya dan mereka dapat meng-update profile, berbagi informasi dengan teman Anda, dan secara opsional menutup akun Anda. (Jangan khawatir, dia tidak bisa mengedit postingan Anda atau membaca pesan Anda).

Untuk memilih “kontak waris”, buka “settings” di aplikasi mobile, lalu masuk ke account settings > general > manage account.

Jika Anda tidak memiliki orang yang dipercaya, Anda memiliki pilihan untuk membuat akun Anda dihapus secara diam-diam setelah Anda meninggal.

7. Menyinkronkan acara dan ulang tahun dengan kalender biasa
Facebook mengingatkan Anda akan acara dan ulang tahun yang akan datang, namun sering kali lebih mudah melihat hal itu di kalender biasa.

Anda dapat mengaturnya dengan mudah. Buka Facebook di browser desktop, masuk ke halaman “events” dan geser ke bawah. Di kanan bawah halaman Anda akan melihat dua link yang tidak mencolok untuk “upcoming events” dan “birthdays”.

Dengan mengklik link tersebut, data akan masuk ke iCal, Google Calendar atau Microsoft Outlook sehingga semua tanggal penting Anda ada pada satu tempat.

8. Membuat akun dengan nama satu kata
Facebook biasanya tidak mengizinkan orang untuk membuat nama akun dengan satu kata seperti Cher atau Bono, tapi ada pengecualian untuk pengguna Indonesia yang seringkali memang tidak memiliki nama keluarga.

Jadi, jika Anda ingin membuang nama keluarga, Anda cukup meyakinkan Facebook bahwa Anda ada di Indonesia.

Hal ini memerlukan sedikit tipuan teknis dengan menggunakan VPN (misalnya expressvpn.com) untuk merutekan koneksi internet Anda melalui Jakarta, kemudian mengubah bahasa Anda menjadi bahasa Indonesia. Masuk ke pengaturan akun, dan kini Anda dapat menghapus nama keluarga Anda.

9. Mengunduh video dari timeline
Facebook mempermudah untuk mengunduh foto berkualitas dari news feed. Sayangnya, mengunduh video bukanlah pilihan, meskipun hal ini bisa dilakukan dengan alat dari pihak ketiga.

Jika Anda menggunakan Chrome di desktop, cara paling mudah adalah menginstall Social Video Downloader Extention yang menambahkan tombol download yang tertanam di video.

Jika Anda menggunakan perangkat selular (atau tidak mau menginstal ekstention), Anda dapat mengunjungi fbdown.net dan menempelkan URL video untuk diunduh secara otomatis.

10. Membuat “cerita” dan lihat siapa yang memperhatikannya
Facebook “stories” menggabungkan gambar, video dan grafis yang menyenangkan menjadi slideshow instan yang dapat lenyap setelah 24 jam.

Untuk membuatnya, tekan “your story” di bagian atas layar utama, kemudian, setelah Anda mengumpulkan hasil karya Anda, tekan panah besar di bagian bawah untuk berbagi dengan dunia.

Menariknya, stories juga dapat memberi tahu Anda siapa saja yang melihat postingan stories Anda — yakni dengan mengetuk ikon mata di bagian kiri bawah story untuk melihat siapa saja yang telah melihatnya.

11. Update status lewat SMS
Pengaturan akun Facebook termasuk di dalamnya opsi yang memungkinkan dukungan teks pesan, sehingga Anda dapat update status dan menerima notifikasi melalui SMS.

Ide ini terdengar kuno, tapi jika keadaan sedang darurat hal ini bisa saja menjadi penyelamat. Misalnya, ketika baterai Anda lemah atau tidak memiliki paket data, Anda bisa mengirim pesan ke semua teman Facebook Anda dengan hanya mengirim SMS ke 32665 (“FBOOK”).

Anda juga dapat mengirim teks “OTP” untuk menerima satu kali sandi sehingga Anda dapat masuk jika akun Anda disusupi.

12. Menggunakan Facebook tanpa “pembengkakan”
Aplikasi Facebook tekenal dapat memperlambat ponsel Anda dan melahap daya tahan baterai Anda. Salah satu solusinya adalah dengan mengakses Facebook melalui web browser ponsel pintar Anda, aplikasi pihak ketiga yang lebih ringan seperti Facebook Lite for Android atau Facebook Lite for iOS.

Facebook juga menerbitkan aplikasi Lite-nya sendiri, namun hanya tersedia di negara-negara berkembang seperti di India, jadi apabila Anda ingin mencobanya, Anda harus menggunakan VPN untuk menipu lokasi Anda. (ant)

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *