Selasa 21 November 2017
  • :
  • :

Langkat Terendam Banjir

Langkat Terendam Banjir

Langkat, SumutOnline – Ribuan rumah warga di dua desa dan tiga kelurahan, Kecamatan Besitang, Kabupaten Langkat terendam banjir akibat luapan air Sungai Besitang.

Dari amatan, setidaknya 1.579 rumah di Kelurahan Kampung Lama, Kelurahan Pekan Besitang dan Kelurahan Kelurahan Bukit Kubu. Sedangkan dua desa yang terendam adalah Desa Sekoci dan Desa Bukit Mas. Ketinggian air beragam dari satu meter hingga dua meter.

Banjir yang merendam ribuan rumah warga ini terjadi karena curah hujan yang tinggi sejak beberapa hari terakhir, sehingga air sungai besitanag meluap dan merendam perumahan warga.

Selain itu, penyebab terjadinya banjir ini dikarenakan air laut yang pasang dan tidak bisa menampung air sungai menjadi salah satu faktor meluapnya air Sungai Besitang. Sementara itu, sejumlah warga yang rumahnya terendam banjir terpaksa mengungsi ke atas perahu dan mengikatnya di tiang rumah mereka.

Tidak hanya itu, warga juga membawa harta benda mereka seperti beras, kompor dan sejumlah peralatan rumah tangga lainnya keatas perahu. Warga mengaku terpaksa mengungsi dan bertahan di atas perahu untuk menjaga rumah mereka. Selain itu, warga juga belum menerima bantuan apapun dair pemerintah daerah terkait bencana banjir yang mereka alami.

Dari data Dinas Sosial Kabupaten Langkat, selain perumahan warga, tiga jembatan penghubung antar dusun di Desa Sekoci juga ikut rusak diterjang banjir.

Jika hujan kembali turun, luapan air banjir ini akan tetap bertahan dan kemungkinan bisa makin tinggi dan mengancam putusnya jalan lintas Sumatera – Medan menuju Aceh. (ed)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *