Selasa 21 November 2017
  • :
  • :

Negeri Perak Tawarkan Kerjasama

Negeri Perak Tawarkan Kerjasama

Medan, SumutOnline – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) menyambut baik  keinginan rombongan negeri perak untuk menjalin kerjasama dengan Sumut. Adapun kerjasama yang ditawarkan Negeri Perak tersebut yakni dibidang perikanan dan kelautan, bidang perkayuan dan juga perkebunan.

“Kita menyambut keinginan kerjasama ini, apalagi Indonesia-Malaysia merupakan negeri serumpun,” kata Wakil Gubernur Sumut (Wagubsu), Dr Nurhazijah Marpaung, di Medan, Rabu (11/10/2017).

Menurut orang nomor dua di Jajaran Pemprovsu itu, untuk lebih memfokuskan kerjasama yang akan dilakukan nantinya, pihaknya akan berkoordinasi dengan kabupaten/kota yang berkaitan dengan bidang yang akan dikerjasamakan dan instansi yang berkaitan dengan hal tersebut.

“Kami akan berkoordinasi dengan Kota Tanjung Balai dan instansi terkait seperti Dinas Perikananan dan Kelautan dan nantinya kita akan buat kesepakatan. Yang pastinya harus saling menguntungkan dan tidak melanggar aturan kedua belah pihak,” ujarnya.

Wagubsu juga menawarkan, bila memungkinkan nantinya akan dilakukan kerjasama dibidang-bidang lainnya. Selain itu, Pemprovsu juga menawarkan kerjasama di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangke.

Tidak hanya itu, lanjut Wagubsu, pembangunan jalan tol yang ada di provinsi ini dan proyek-proyek strategis nasional lainnya yang ada di Sumut.

“Kerjasama ini nantinya akan sangat membantu untuk mengembangkan potensi Sumutyang begitu banyak namun anggarannya relatif masih kecil,” tuturnya.

Sementara itu, Anggota MPR Negeri Perak, Datuk Aziz mengatakan, setelah mengadakan kunjungan ke beberapa kabupaten/kota yang ada di Sumut, pihaknya melihat bahwa kabupaten/kota yang salah satunya adalah Kota Tanjung Balai memiliki potensi untuk menjalin kerjasama, seperti dibidang perikanan dan kelautan.

“Agar nantinya ada kesepakatan dan aturan bagi nelayan-nelayan dari kedua belah pihak. Sehingga tidak ada lagi nelayan-nelayan dari kedua negara yang ditahan. Aturannya lebih jelas dan hubungan kedua negara menjadi semakin harmonis,” ujar Aziz.

Selain itu, pihaknya setelah mengadakan kunjungan juga tertarik dengan postur kayu yang ada di Sumut yang sangat menarik dan cocok untuk dijadikan sebagai bahan baku untuk pembuatan Furniture.  Juga bidang perkebunan seperti kelapa.

“Semoga dengan adanya kesepakatan nantinya hubungan yang sudah berjalan dengan baik akan lebih ditingkatkan lagi di kemudian hari. Dan pihak negeri Malaka juga menyambut baik untuk melakukan kerjasama dibidang lainnya,” tandasnya. (ss)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *