Selasa 21 November 2017
  • :
  • :

Songket Batubara Tembus Pasar Dunia

Songket Batubara Tembus Pasar Dunia

Medan, SumutOnline – Pemasaran produksi karya tenun songket Kelompok Pengrajin “Hilwa Sejahtera” di Dususn IV, Desa Masjid Lama, Kecamatan Talawi, Kabupaten Batubara, menembus pasar dunia, yakni Singapura dan Malaysia.

Anggota Kelompok Pengrajin Hilwa Sejahtera, Muhammad Budi, mengatakan, usaha kerajinan songket yang dirintis warga setempat tersebut yakni dengan memanfaatkan teras rumah sebagai tempat usaha dan semakin berkembang dengan adanya pendampingan dari tim Kantor Perwakilan BI Pematangsiantar sejak tahun 2015.

Pameran dan ekspo di berbagai daerah wilayah Provinsi Sumatera Utara, regional Sumatera dan tingkat nasional, semakin membuka pangsa pasar produksi songket tersebut, seperti Medan, Tanjung Pinang, Batam dan Pekanbaru.

Galeri itu bukan saja berfungsi sebagai sentra produksi, pemasaran dan promosi, tetapi juga tempat persinggahan untuk mendapatkan sovenir khas Batubara.

Kelompok Pengrajin Songket Batubara Hilwan Sejahtera merupakan salahsatu binaan Bank Sentral itu dalam Program Sosial BI tematik.

Sementara, Kepala Perwakilan BI Pematang Siantar, Elly Tjan mengatakan, kemajuan UMKM pengrajin songket di Batubara diharapkan mampu menyerap tenaga kerja, pemberdayaan perempuan dan menjadi potensi sumber pertumbuhan ekonomi. (ant)




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *