Rabu 17 Januari 2018
  • :
  • :

Gempa Kembali Guncang Aceh

Gempa Kembali Guncang Aceh

Medan, SumutOnline – Gempa bumi kembali mengguncang Aceh dengan kekuatan 3.9 Skala Richter, Sabtu (13/1/2018) pukul 21.03 WIB.

“Gempa tektonik yang terjadi itu berada di posisi episenter pada koordinat 5,11 LU dan 94,79 BT, tepatnya di laut pada jarak 75 km Barat Daya dari Kota Banda Aceh, pada kedalaman 15 km,” kata Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah I Medan, Edison Kurniawan, kepada wartawan melalui keterangan tertulisnya yang diterima SumutOnline, Sabtu (13/1/2017).

Menurut Edison, berdasarkan pihaknya menunjukkan bahwa pada peta tingkat guncangan (shakemap,red) BMKG dan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Kota Banda Aceh dengan intensitas gempa bumi I SIG-BMKG (I-II MMI). Namun sampai saat ini belum ada laporan kerusakan dari lapangan.

Dari hasil observasi BBMKG Wilayah I Medan, lanjunya, tampak bahwa gempa bumi ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal yang diakibatkan oleh aktivitas Sesar Andaman Barat.

“Kepada masyarakat disekitar Kota Banda Aceh dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu-isu yang tidak bertangjungjawab. Masyarakat juga dihimbau untuk mengikuti arahan Pemerintah daerah melalui BPBD dan mengikuti perkembangan informasi gempabumi susulan dari BMKG. Khusus masyarakat di daerah pesisir pantai barat Aceh dan sekitarnya dihimbau agar tidak terpancing isu mengingat gempabumi yang terjadi tidak berpotensi Tsunami,” pungkasnya. (rel/ss)

 




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *