Highlight

6/random/ticker-posts

Header Ads Widget

sumutonline'

Air Asia Buka Jalur Kuala Lumpur-Silangit


Jakarta, SumutOnline- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan maskapai penerbangan berbiaya murah AirAsia akan membuka penerbangan langsung dari Kuala Lumpur ke Silangit untuk mendukung pariwisata Danau Toba, Sumatra Utara.

"Tadi saya baru di-'text' (dikirimi pesan teks) sama Tony Fernandes CEO AirAsia. Nanti tanggal 17 Agustus mereka akan terbang dari Kuala Lumpur ke Silangit empat kali seminggu," katanya dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (29/7/2018).

Selain AirAsia, Malindo Air dari Grup Lion Air juga berencana membuka penerbangan empat kali seminggu dengan rute Subang (Malaysia)-Silangit PP.

Guna mendukung percepatan pembangunan infrastruktur pariwisata di Danau Toba, Luhut mengatakan landasan pacu Bandara Silangit akan diperpanjang hingga 3.000 meter.

"Tanahnya lagi kita proses. Sekarang sudah bisa mendarat Boeing 737-800 kalau Airbus 320," ungkapnya.

Menurut mantan Menko Polhukam itu, pengembangan bandara diharapkan dapat memberikan dampak signifikan pada penambahan jumlah penumpang ke wilayah tersebut.

"Tahun 2014 atau hampir tahun 2015 turis yang datang kemari (Danau Toba) atau orang yang naik pesawat kemari jumlahnya 23 ribu sekian. Tapi tahun 2017 yang datang naik hingga 276 ribu pengunjung," urainya.

Danau Toba menjadi salah satu destinasi wisata prioritas yang terus dikembangkan untuk menggenjot kunjungan wisatawan mancanegara. Danau air tawar terbesar se-Asia Tenggara itu juga disiapkan menjadi salah satu destinasi wisata pilihan bagi peserta Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia 2018 Oktober mendatang. (Ant)