Highlight

6/random/ticker-posts

Header Ads Widget

sumutonline'

Perally APRC 2022 Siap Taklukkan Lintasan di Kawasan HTI Toba Pulp Lestari


Simalungun, Sumol
- Terminal Sosor Saba, Parapat, Kabupaten Simalungun menjadi tempat ceremonial Danau Toba Asia Pacific Rally Championship (APRC) 2022 Jumat, (23/09/2022).

Anwar Lawden selaku Direktur TPL menyambut dengan hormat serta mendukung event demi memajukan pariwisata khususnya di Sumatera Utara, terlebih di kawasan Danau Toba.

Kegiatan ini merupakan momentum untuk perally nasional dan internasional dalam menaklukkan Special Stage (SS) yang berada di Kawasan Hutan Tanaman Industri (HTI) Toba Pulp Lestari (TPL).

“Event Danau Toba APRC 2022 ini diharapkan dapat mendorong kebangkitan ekonomi Sumatera Utara, olahraga internasional, Pariwisata Danau Toba sebagai salah satu Destinasi Super Prioritas, dan alam Indonesia yang dikelola dalam komitmen berkelanjutan,” ujar Anwar Lawden.

Beliau juga berharap kegiatan ini mampu menghadirkan multiplayer efek dalam peningkatan ekonomi masyarakat sekitar.

Didukung oleh program sport tourisme, diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Danau Toba yang merupakan destinasi wisata prioritas nasional.

Selain itu, lintasan rally di kawasan HTI TPL Sektor Aek Nauli ternyata pernah menjadi lokasi untuk event internasional menjadi bagian lintasan Special Stage (SS) pada World Rally Championship (WRC) 1996 dan 1997 yang melahirkan kembali WRC setelah 25 tahun vakum. Dan diharapkan kegiatan ini akan terus berlangsung kedepannya.

Wakil Gubenur Sumatera Utara, Musa Rajekshah atau yang sering dipanggil Ijeck juga turut mengikuti Kejuaran ini yang akan bersaing dengan pembalap rally internasional seperti Sean Gelael, Rifat Sungkar dan Karamjit Singh dari Malaysia.

Ijeck menyampaikan harapannya melalui kata sambutannya supaya Danau Toba APRC 2022 diharapkan semakin mempromosikan kawasan Danau Toba melalui ajang sport tourism di mata masyarakat lokal maupun kancah internasional

“Kita ingin mendorong event ini menuju event internasional di tingkat Asia Pasifik bahkan kejuaraan dunia. Karena kita pernah menjadi tuan rumah Kejuraaan Rally Dunia (WRC) pada tahun 1996 dan 1997,” tutur Ijeck.

Didampingi oleh Direktur Utama TPL, Venkateshwarlu Cheruku dan jajaran direksi, Anwar Lawden, Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga, serta Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Nanang Sukarna serta Ketua IMI Sumatera Utara, Ijeck dan Harun Mustafa melepas 65 perelly untuk adu kecepatan di Lintasan HTI TPL Sektor Aek Nauli.

Tercatat, Danau Toba Rally APRC 2022 menempuh jarak total 361,21 km yang dibagi dalam 2 Leg (etape) dan terdiri dari 12 SS. Leg-1 pada hari Sabtu (24/09) sepanjang 233,09 km memiliki 8 SS (special stage – lintasan khusus) dengan total panjang 105,10 km dan Leg-2 pada hari Minggu (25/09) sepanjang 128,12 km memiliki 4 SS dengan total 51,57 km.

“Putaran kedua akan kembali diadakan mengingat antusias yang sangat luar biasa dari para perally dan masyarakat sekitar selain itu di dukung oleh SS yang sangat baik sekaligus Danau Toba yang menjadi pariwisata super prioritas akan membawa dampak khusus kepada pertumbuhan ekonomi dan pariwisata di Danau Toba” jelas Ijeck dan Federation Internasionale de I’Automobile (FIA) melalui konferensi pers. (Rel)