Highlight

6/random/ticker-posts

Header Ads Widget

sumutonline'

Cegah Stanting, Kades Sipangko Gelar Pekan Gizi

Tapanuli Selatan, Sumol - Upaya pencegahan stanting terus digalakkan Pemerintahan Desa Sipangko Kecamatan Angkola Muaratais Kabupaten Tapanuli Selatan. Jumat 10 Pebruari 2023, Kepala Desa Sipangko Azan Sinaga menggelar Pekan Gizi yang akan berlangsung hingga 16 Pebruari 2023 nanti. Selain menyelenggarakan kegiatan Posyandu yang Ditingkatkan, selama satu minggu ke depan Pemerintahan Desa Sipangko setiap harinya akan door to door membagikan makanan dan minuman bergizi kepada bayi usia 0 hingga 5 tahun.

"Tak mau saya warga saya kena stanting. Lagian kan perintah Pak Bupati Dolly Pasaribu sudah jelas, semua harus berperan aktif dalam pencegahan stanting ini, termasuk ibu ibu PKK dan Posyandu. Makanya kita gelar Pekan Gizi ini." ujar Azan Sinaga Kepala Desa Sipangko saat dijumpai wartawan disela-sela acara Pekan Gizi Desa Sipangko, Jumat 10 Pebruari 2023 di Balai Desa Sipangko.

Acara Pekan Gizi ini, selain meningkatkan kegiatan Posyandu dan pemberian makanan bergizi, Pemerintah Desa Sipangko juga menyelenggarakan penyuluhan kesehatan pencegahan stanting kepada ibu ibu dengan topik perbaikan pola makan, pola asuh dan sanitasi yang sehat.

"Di Desa Sipangko ini ada sekitar 116 lebih anak bayi usia 0 sampai 5 tahun, kemudian ada lagi ibu hamil dan menyusui. Kita berikan penyuluhan cara cegah stunting dengan perbaikan pola makan, pola asuh dan sanitasi yang sehat" lanjut Azan Sinaga.

Lebih jauh Azan Sinaga menjelaskan, setiap hari selama satu minggu ke depan, Kader Posyandu dan TP PKK akan memasak dan menyalurkan makanan dan minuman sehat bergizi kepada seluruh anak usia 0 sampai 5 tahun, ibu hamil dan menyusui di seluruh Desa Sipangko.

"Dengan Pekan Gizi ini, saya berharap terjadi perbaikan gizi dan pertumbuhan yang baik terutama terhadap anak anak usia 0 sampai 5 tahun, sehingga tidak terjadi stanting di di Desa Sipangko." tutur Azan Sinaga Kepala Desa Sipangko.

Pantauan wartawan, acara Posyandu dan Pekan Gizi di Balai Desa Sipongko ini, mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Selain penimbangan berat badan anak, pengukuran tinggi badan serta pemberian vaksin, juga dilakukan pemberin Vitamin A untuk anak usia 0 hingga 5 tahun.

"Kalau seperti ini acaranya kan bagus, ada posyandu ada penyuluhan juga. Kemudian juga ada pemberian makanan sehat biskuit dan susu, anak anak kita jadi suka ke posyandu" ujar Sakinah (28) ibu rumah tangga di Desa Sipangko.

Stunting merupakan keadaan masalah kurang gizi kronis yang disebabkan kurangnya asupan gizi dalam waktu yang cukup lama, sehingga mengakibatkan gangguan pertumbuhan pada anak, seperti tinggi badan anak lebih rendah atau pendek (kerdil) dari standar usianya.

Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan saat ini, melalui Tim Penggerak PKK dan kader Posyandu di desa dan kelurahan sedang giat giatnya melakukan kegiatan pencegahan stanting. (As)