Highlight

6/random/ticker-posts

Header Ads Widget

sumutonline'

Pemdes Sipangko Bagi Bagi Makanan Bergizi Untuk Cegah Stanting


Tapanuli Selatan, Sumol - Pemerintah Desa Sipangko Kecamatan Angkola Muaratais Tapanuli Selatan, melalui TP PKK dan Posyandu membagi bagikan paket makanan bergizi kepada balita guna pencegahan stanting. Pembagian makanan bergizi untuk ratusan balita di Desa Sipangko ini dilakukan secara door to door. 

"Dalam rangka Pekan Gizi, selama sepekan ke depan ini Ibu ibu PKK dan kader Posyandu akan aktif membagikan makanan bergizi secara door to door kepada balita di Desa Sipangko ini. Sesuai program Ketua TP PKK Kabupaten Tapanuli Selatan Ibu Rosalina Dolly Pasaribu, Pemdes dan PKK serta Posyandu bekerja sama untuk pencegahan stanting, salah satunya dengan pembagian makanan bergizi ini." ujar Azan Sinaga Kepala Desa Sipangko, saat dijumpai wartawan di Kantor Desa Sipangko Sabtu 11 Pebruari 2023.

Selain membagi-bagikan makanan, Kader Posyandu juga sekaligus memberikan penyuluhan kesehatan kepada Ibu rumah tangga. 

"Kader Posyandu dan ibu ibu TP PKK memberikan penyuluhan cara cegah stunting dengan perbaikan pola makan, pola asuh dan sanitasi yang sehat kepada warga. Kita Jemput Bola langsung mendatangi warga," lanjut Azan Sinaga.

Upaya pencegahan stanting terus digalakkan Pemerintahan Desa Sipangko. Selain menggelar Pekan Gizi yang berlangsung hingga 16 Pebruari 2023 nanti, pekan gizi ini juga menyelenggarakan kegiatan Posyandu yang ditingkatkan.

Para ibu ibu TP PKK dan Posyandu Desa Sipangko memasak secara swadaya makanan sehat berupa bubur kacang hijau. Kemudian diantar langsung ke rumah rumah warga. Di Desa Sipangko Kecamatan Angkola Muaratais, saat ini ada sekitar 116 lebih anak bayi usia 0 sampai 5 tahun, kemudian ada lagi ibu hamil dan menyusui.

"Dari pemeriksaan bidan desa, di Desa Sipangko ini belum ada stanting. Namun demikian kita akan terus bekerja keras jangan sampai ada yang terindikasi stanting. (As)