Highlight

6/random/ticker-posts

Header Ads Widget

sumutonline'

46 Pereli Nasional Starting Leg 1 Danau Toba Rally 2022 di HTI TPL


Simalungun, SUMOL- 46 peserta berasal dari sejumlah provinsi di Indonesia, Sabtu (6/8) mulai menjajal Leg 1 Kejurnas Danau Toba Rally 2022.. Pereli akan menempuh jarak total sepanjang 333,86 kilometer yang terbagi dalam 9 Special Stage (SS) di Hutan Tanaman Industri (HTI) PT Toba Pulp Lestari Tbk Sektor Aek Nauli, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara  yang berlangsung pada 6-7 Agustus.

“Kita ingin mendorong event ini menuju event internasional di tingkat Asia Pasifik bahkan kejuaraan dunia. Karena kita pernah menjadi tuan rumah Kejuraaan Rally Dunia (WRC) pada tahun 1996 dan 1997," kata Wakil Gubernur Sumatera Utara yang juga peserta Danau Toba Rally, Musa Rajekshah saat membuka Kejurnas  Danau Toba Rally 2022 di Terminal Sosor Saba, Parapat.

Lintasan rally di kawasan HTI TPL  Sektor Aek Nauli pernah menjadi lokasi untuk event internasional, yakni menjadi bagian lintasan Special Stage (SS) pada World Rally Championship 1996 dan 1997, dan juga dipergunakan sebagai lintasan pada Kejurnas Rally tahun 2007, 2019 serta terakhir pada Kejurnas Rally 2021.

Dalam pertarungan event Nasional kali ini, sejumlah pereli ikut andil seperti, Ryan Nirwan, Rifat Sungkar, H Prasetyo Edi Marsudi. Kemudian ada Cahya Prasetyo, TM Ryandra Rizky, , Harum Nasution,  Musa Rajekshah dan putra sulungnya Musa Arjianshah.

Direktur TPL, Anwar Lawden sangat mendukung event untuk memajukan pariwisata di Sumatera Utara, khususnya di kawasan Danau Toba.

“Event Danau Toba Rally 2022 ini diharapkan dapat mendorong kebangkitan ekonomi Sumatera Utara, olahraga nasional, pariwisata Danau Toba sebagai salah satu Destinasi Super Prioritas, dan alam Indonesia yang dikelola dalam komitmen berkelanjutan,” tutur Anwar.

Harapnya kegiatan Rally di Danau Toba ini juga diharapkan mampu menghadirkan multiplier efek dalam peningkatan ekonomi masyarakat sekitar. Dengan program sport tourisme diharapkan dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Danau Toba yang merupakan destinasi wisata prioritas nasional.

Hari pertama ini peserta akan menjalani 6 dari 9 special stage (SS). Di kelas mobil-mobil balap terkini seperti  Toyota GR Yaris AP4, Mitsubishi Xpander AP4, Hyundai i20 R5 dan lainnya. (yp)